Rekayasa

REKAYASA PERALATAN KLIMATOLOGI KUALITAS UDARA

Salah satu tugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika adalah melaksanakan pemantauan Kualitas Udara; salah satunya adalah pengambilan sampel air hujan untuk di analisis komposisi kimia air hujan yang secara khusus untuk penelitian Deposisi Asam di laboratorium Kualitas Udara BMKG. Untuk itu diperlukan suatu alat penakar hujan sekaligus sebagai pengumpul sampel hujan secara otomatis.

Untuk mengurangi ketergantungan terhadap Luar Negeri maka BMKG baik secara sendiri maupun kerjasama dengan pihak lain berusaha untuk merancang bangun atau membuat kembali peralatan AUTOMATIC RAIN WATER SAMPLER MGA-02 yang diproduksi oleh Pusat Instrumentasi Rekayasa dan Kalibrasi , dengan Prototipe ARWS 0702 sebagai prototipe awal peralatan.

Karakteristik dari peralatan ini dirancang untuk mengoperasikan penakar hujan secara otomatis untuk menampung atau mengumpulkan sampel air hujan. Peralatan sensor yang akan dipakai ini adalah sangat peka begitu saat hujan terjadi maka motor penggerak akan membuka tutup peralatan pengumpul sampel air hujan secara otomatis yang kemudian sampel selanjutnya dialirkan melalui selang ke botol plastik yang berbahan dasar polyethylene. Sensor ini akan menutup secara otomatis selama tidak ada periode hujan (saat hujan berhenti) yang bertujuan untuk menghindari atau mencegah terkontaminasinya sampel air hujan oleh polutan yang terbawa saat periode endapan kering ( dry deposition ).

Peralatan AUTOMATIC RAIN WATER SAMPLER MGA-02 menggunakan Data Logger sebagai konter penghitung curah hujan dimana software yang akan digunakan adalah Microsoft View Basic sebagai software untuk mengakses data dari Data Logger ( dalam bentuk format Microsoft Excel ) ke PC yang dilengkapi dengan Komunikasi kabel RS-232.

Sedangkan untuk mikrokontroler sebagai sistem perangkat keras dari peralatan AUTOMATIC RAIN WATER SAMPLER MGA-02 digunakan rangkaian Time Delay yang selanjutnya dibuat dalam bentuk Papan rangkaian elektronik tercetak (PCB/ Print Circuits Boards) sebagai pengontrol Stepper motorserta membuat stimulasi percobaan hasil perancangan dengan sensor utama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s